Pelatihan Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2022 - News - BPS-Statistics Indonesia Klaten Regency

You can submit service complaints to us at Complaints or access the People's Online Aspiration and Complaints Service here.

The Integrated Statistics Service can be accessed here.

As our effort to improve the quality of Klaten Regency BPS data and services, please be willing to fill out the 2024 Data Needs Survey here.

Pelatihan Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2022

Pelatihan Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2022

February 10, 2022 | BPS Activities


Kabupaten Klaten melaksanakan pelatihan petugas Susenas Maret 2022 dengan pembelajaran tatap muka dan dilaksanakan di Hotel Grand Tjokro. Pelatihan ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) gelombang selama 2 (dua) hari efektif yaitu :

Ø  gelombang 1 pada tanggal 10-11 Februari 2022,

Ø  gelombang 2 pada tanggal 15-16 Februari 2022

Ø  gelombang 3 pada tanggal 18-19 Februari 2022

 

Acara pelatihan ini dibuka oleh Plt. Kepala BPS Kabupaten Klaten,  Bapak Joko Suwarjo, S.Si, M,Si dengan instruktur nasional Wahyu Dewi Widyanti, S.Si (Statistisi Pertama). Dalam pelaksanaan pelatihan calon petugas Susenas Maret 2022, protokol kesehatan tetap diterapkan.

Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) merupakan salah satu survei rutin BPS yang menjadi  sumber data utama untuk pembangunan dibidang sosial dan ekonomi. Data dan informasi yang dihasilkan dari Susenas selalu ditunggu dan menjadi rujukan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Indikator yang dihasilkan dari Susenas juga menjadi rujukan utama untuk memantau perkembangan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) setiap tahunnya  hingga 2030. Dengan demikian, menjaga kualitas data Susenas merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan  dan menjadi tanggung jawab bersama antara pusat dan daerah.

 

TUJUAN

Pelatihan ini bertujuan memberikan Prosedur Operasional Standar/Standard Operational Procedure (SOP) yang harus dipatuhi oleh pencacah dalam melaksanakan pencacahan rumah tangga Susenas Maret 2022 dan memberikan pemecahan berbagai masalah yang biasa dialami di lapangan berdasarkan pengalaman Susenas sebelumnya.

 

RUANG LINGKUP

Pendataan Susenas Maret 2022 di Kabupaten Klaten mencakup 910 rumah tangga yang terdapat dalam blok sensus biasa sejumlah 91 Blok Sensus, tidak termasuk yang tinggal dalam blok sensus khusus, seperti kompleks militer dan sejenisnya serta rumah tangga khusus yang berada di blok sensus biasa. Rumah tangga sampel dicacah dengan Kuesioner Kor (VSEN21.K) dan Kuesioner Konsumsi/ Pengeluaran (VSEN21.KP).

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Klaten(Statistics of Klaten Regency)Jl. Merapi No. 6 Klaten 57423

Telp (62-272) 321689

Mailbox : bps3310@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia